Menggunakan Komputer dengan Posisi yang Benar

Posted: Oktober 11, 2011 in Uncategorized

Berikut merupakan petunjuk sederhana dalam menggunakan komputer agar terhindar dari bahaya yang tidak diinginkan.

1. Pandangan Mata

Untuk mengurangi rasa sakit pada mata akibat pandangan fokus ke layar monitor memiliki layar anti     silau (filter screen) atau memakai kacamata berwarna.

2.  Ergonomis Posisi Duduk

Pekerjaan dikantor sebagian besar dilakukan didepan komputer. Posisi duduk saat menggunakan komputer yang ergonomis dan nyaman diharapkandapat membuat pengguna tersebut tidak cepat lelah sehingga produktivitas bekerja akan semakin meningkat. Berdasarkan pada OHSA dan referensi lainnya, Posisi duduk, jarak pandang antara monitor yaitu :

a.  Peletakan meja

Pastikan posisi dan pengaturan kursi dan meja telah sesuai dengan postur tubuh anda. Letakkan keyboard pada meja dan  diatur   dengan posisi senyaman mungkin.

b. Posisi tubuh/ posisi duduk

• Posisi tubuh kurang tepat membuat kurang nyaman
• Posisi kaki dapat menyanggah lantai
• Siku dan Lutut membentuk sudut 90 derajat
• Duduk tegak
• Keyboard sama tinggi dengan siku agar gerakan tangan dan jemari dapat mengurangi ketegangan
otot dan persendian

                               
Posisi yang Benar                                         Posisi yang salah

Tubuh pengguna, leher, dan kepala tegak vertikal, sedangkan pinggul, paha dan lutut horisontal. Kaki bagian bawah tegak  vertikal.
3.  Penggunaan monitor
• Atur senyaman mungkin resolusi monitor anda sehingga tidak melelahkan mata.
• Jarak mata ke monitor paling dekat 25 inchi (± 60 cm), lebih jauh akan lebih baik lagi.
• Kemiringan monitor dimana bagian atas monitor sedikit lebih jauh dari mata daripada bagian bawah monitor.

                  

Posisi yang benar                                                Posisi yang salah

 

4. Letak Pergelangan Tangan, Jemari tangan dan Lengan

• Pastikan pergelangan tangan, jemari tangan dan lengan dalam keadaan santai, tidak melengkung         dan tegang
• Letak posisi yang benar dapat terhindar dari penyakit radang sendi (Repetitive strain Injury-RSI)

Ini cara – cara penggunaan perangkat komputer yang benar

 

 

Pencegahan Carpal Syndrome dapat dilakukan dengan metode senam tangan

 

 

 

 

Walaupun akibat carpal syndrom tidak membahaykan jiwa penderitanya dan sebagian besar bisa membaik fisioterapi, akan tetapi dalam beberapa kasus carpal sindrom memerlukan tindakan pembedahan. Beruntung dengan kemajuan ortopedi yang amat pesat, beberapa pasien hanya dibuka kulitnya 1 cm sampai 2 cm saja.

Oleh sebab itu, mari lihat bagaimana cara memakai komputer yang benar. Jangan lup juga untuk menyebarluaskan informasi berharga ini pada teman-teman atau keluarga anda karena ini akan membantu mereka menghindari carpal sindrom.

 

5. Beristirahat

Beristirahatlah selama 10 menit setelah berkerja 1 jam di depan komputer agar mata dan organ tubuh  lainya juga beristirahat


About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s